Yuk Simak, Ini Tips Menghilangkan Noda Cat dari Karpet!

Turkeykarpet.com - Saat mengecat ruangan berkarpet, tak jarang cat yang digunakan mengenai beberapa benda dan permukaan di dalam ruangan, salah satunya karpet. Tumpahan cat ini pun membuat karpet kotor dan mengurangi tampilannya.


Untungnya, menghilangkan noda cat dari karpet cukup mudah dilakukan. Dikutip dari Southern Living, Rabu (13/7/2022), Direktur Pemasaran Digital di Rugs.com, Samantha Hodges, mengatakan membersihkan noda cat dari karpet hanya memerlukan beberapa peralatan seperti kain lap putih, sabun pencuci piring, pisau dempul, air, dan pembersih karpet serbaguna.


Cat berbasis Air

Karpet Cat Air

Untuk cat berbasis air, segera membersihkan saat tumpahan terjadi lantaran jenis cat ini dapat menyebar relatif cepat. Dengan segera membersihkannya, dapat mencegah kerusakan berlanjut pada karpet. Setelah itu, serap sebanyak mungkin tumpahan cat dengan kain lap.


Saat melakukannya, lakukan dengan cara menempuk (blot) alih-alih menggosoknya. Menepuk-nepuk tumpahan dapat membantu menarik noda ke atas dan keluar dari permukaan karpet sehingga mencegahnya semakin merembes ke dalam serat.


Sebaliknya, menggosok tumpahan cat hanya akan membuatnya menyebar ke permukaan lain dan menempelkannya lebih dalam ke serat karpet. Untuk tumpahan cat yang telah meresap ke karpet, beri sedikit air dan langi langkah ini hingga tumpahan cat cukup bersih.


Sementara itu, untuk membersihkan semua sisa cat yang tertinggal, buat larutan sabun dan air. Pastikan hanya menggunakan beberapa tetes air saja saat mencampurnya dengan air.


Oleskan larutan pada area karpet yang terkena noda cat dan tepuk-tepuk kembali menggunakan kain lap bersih. Jangan lupa membilasnya dengan air bersih dan mengeringkannya. Apabila noda bekas tumpahan cat masih belum hilang, bersihkan menggunakan pembersih karpet serbaguna atau memanggil jasa pembersih karpet.


Cat Berbasis Minyak

Karpet Cat Minyak

Sama dengan cat berbasis air, tumpahan cat berbasis minyak pun harus segera dibersihkan dengan cara menepuk-nepuk menggunakan kain lap setelah tumpahan terjadi.


Untuk membersihkan sisa tumpahan cat, gunakan pisau dempul tepat di bawah tumpahan dan segera kikis cat. Ulangi cara ini hingga cairan benar-benar hilang. Jangan gosok permukaan karpet dengan pisau dempul. Selanjutnya, campurkan beberapa tetes sabun cuci piring dengan air yang telah disiapkan. Aduk hingga merata dan oleskan pada sisa cat yang belum hilang.


Tepuk-tepuk kembali menggunakan kain lap bersih. Hindari menggunakan air terlalu banyak agar noda cat tidak menyebar. Setelah itu, bilas serta keringkan karpet. Untuk sisa cat yang tidak bisa dibersihkan meski telah mengulang langkah pembersihan, gunakan pembresih karpet serbaguna atau memanggil jasa profesional.


Sumber : Kompas.com


8 tampilan0 komentar