Tutorial Mudah Pasang Wallpaper Dinding

Turkeykarpet.com - Wallpaper alias kertas dinding adalah salah satu cara instan untuk mendekorasi kamar dan membuatnya terlihat lebih segar.


Wallpaper juga cenderung lebih mudah karena hanya perlu ditempelkan saja di dinding, tak perlu repot-repot mengecat. Cocok sebagai solusi dekorasi bagi kamu yang tinggal di coliving, kost, atau sewa apartemen.


Apalagi sekarang ini banyak wallpaper dijual secara umum dengan harga murah, mulai dari toko material sampai online shop.


7 Langkah Cara Pasang Wallpaper Sendiri


Nah, kalau kamu berpikir untuk mendekor ulang kamar dengan wallpaper, tapi tak tahu bagaimana cara memasang wallpaper dinding sendiri, jangan khawatir.


Rukita sudah menyiapkan panduan mudah untuk cara memasang wallpaper dinding sendiri tanpa harus panggil tukang. Cek di bawah ini yuk!


1. Bersihkan dinding dari paku dan noda


Sebelum kamu memasang wallpaper, pastikan dinding kamu sudah dibersihkan dari paku dan noda-noda yang tidak diinginkan. Proses ini penting agar nanti kamu bisa menempelkan wallpaper dengan sempurna.


Kalau menemukan dinding yang lembap dan mengelupas, kelupas catnya dan tambal dengan dempul tembok. Untuk masalah dinding berlubang karena paku, isi bagian bolong menggunakan dempul tembok agar wallpaper kamu tertempel rata.


Pokoknya, nih, apa pun masalah dindingmu, pastikan dempul tembok ketika akan memulai memasangnya.


2. Tidak perlu terburu-buru


Persiapan untuk memasang wallpaper itu memakan waktu lama, tetapi jangan khawatir maupun terburu-buru. Siapkan semua bahan yang kamu butuhkan dan singkirkan barang-barang yang bisa mengganggu.


Jangan sampai ketika tengah memasang wallpaper, kamu kekurangan lem, wallpaper, atau salah memotong wallpaper.


3. Ukur ketinggian dan lebar dinding


Pakai meteran untuk mengukur panjang dan lebar dinding yang akan ditutupi oleh wallpaper nantinya. Kemudian, tandai panjang dan lebar yang sudah kamu ukur di wallpaper.


Kalau wallpaper pilihanmu berwarna cerah jangan tandai terlalu tebal ya, nanti tidak enak dilihat bekasnya di permukaan wallpaper kamu.


Selain itu, sisakan beberapa sentimeter agar kalau wallpaper tidak sengaja sobek, kamu tidak perlu bingung menambal nantinya.


4. Gambar garis lurus pada dinding


Menggunakan pensil, gambar garis lurus dari atas hingga bawah dinding. Garis ini nanti akan digunakan sebagai panduan dan garis memasang wallpaper.


Jangan mengandalkan garis pintu atau langit-langit, karena nanti wallpaper kamu bisa tidak tertempel dengan rapi.


5. Oleskan lem wallpaper


Kalau pengukuran dan bahan-bahan sudah siap, mulai oleskan lem wallpaper menggunakan kuas. Jangan pakai kuas cat, ya, karena teksturnya yang jarang dan mudah rontok akan membuat lem tidak teroles secara rapi di dinding.


Cukup oleskan lem wallpaper satu kali saja karena kalau berlebihan, nih, nanti kertas wallpaper akan basah dan menjadi keriput sehingga tidak enak dipandang.


6. Tempelkan wallpaper!


Karena lem sudah dioleskan di dinding, kini saatnya kamu menempelkan wallpaper ke dinding.

Tempelkan kertas wallpaper dinding dengan perlahan, dan pastikan dinding tertutup rapi oleh wallpaper tanpa melewati garis awal.


Untuk mendapatkan hasil yang lebih sempurna, nih, tambahkan sedikit lem di ujung wallpaper.


7. Ratakan wallpaper


Karena wallpaper dinding sudah ditempel, kini kamu harus memastikan wallpaper tersebut tertempel dengan sempurna ke permukaan dinding. Cara untuk memastikannya cukup mudah, kok, kamu hanya membutuhkan kain perca.


Menggunakan kain perca, ratakan wallpaper dengan gerakan memutar, seperti sedang mengelap. Hal ini penting agar tidak ada gelembung udara pada wallpaper dindingmu.

26 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua