Tips dan Trik untuk Menjaga Rumah Bebas Nyamuk pada Musim Hujan

Turkeykarpet.com - Ketika musim hujan tiba, ini dapat memberi jalan bagi penyebaran nyamuk dan menimbulkan penyakit, khususnya demam berdarah dengue (DBD). Oleh sebab itu, setiap penghuni rumah harus waspada terhadap serangan nyamuk dan ancaman DBD saat musim hujan tiba.


Untuk memastikan rumah bebas nyamuk saat musim hujan, ada banyak cara yang bisa kamu lakukan, mulai dari mengoleksi tanaman pengusir nyamuk hingga menjaga kebersihan.


Dilansir dari Pink Villa, Sabtu (18/6/2022), berikut ini tips dan trik untuk mendapatkan rumah yang bersih, segar, dan bebas nyamuk secara alami tanpa menggunakan semprotan kimia dan insektisida.


Tambahkan beberapa tanaman pengusir nyamuk


Tips Rumah Bebas Nyamuk

Cara alami dan efektif untuk mencegah perkembangbiakan nyamuk adalah dengan memasukkan tanaman obat ke rumah. Tanaman herbal seperti basil cukup beracun bagi serangga dan daunnya bahkan bisa membunuh nyamuk.


Kamu dapat menempatkan tanaman ini di dekat pintu atau jendela rumahmu untuk menuai manfaat maksimal. Selain itu, kamu dapat menggunakan daun basil yang dihancurkan sebagai pengusir alami dan menerapkannya ke seluruh tubuhmu untuk perlindungan terhadap gigitan nyamuk.


Citronella (serai), lemongrass, lemon balm, rosemary, dan lavender juga dapat digunakan untuk perlindungan terhadap nyamuk.


Manfaatkan kamper


Tips Rumah Bebas Nyamuk

Penggunaan kamper atau kapur barus merupakan cara tradisional untuk mengusir nyamuk di rumah. Sebab, bau menyengat yang dihasilkan kamper dapat mengusir nyamuk secara efektif.


Ada berbagai formulasi kapur barus yang tersedia di pasaran yang dapat digunakan untuk membunuh nyamuk. Untuk dijadikan sebagai bahan pengusir nyamuk, simpan beberapa buah kamper di dalam wadah dan biarkan di dalam ruangan tertutup selama 30 menit.


Bola kapur barus juga dapat dipilih dan ditempatkan dalam semangkuk air untuk mengusir nyamuk.


Minyak esensital


Nyamuk juga sangat membenci aroma minyak esensial, seperti lavender dan tea tree (pohon teh). Ini adalah terapi terbaik lainnya untuk mengucapkan selamat tinggal pada serangga dan nyamuk yang selalu muncul selama musim hujan.


Jika memiliki ruang tertutup di mana kamu tidak dapat menyimpan tanaman, cukup semprotkan aroma minyak esensial. Kamu juga dapat mengoleskan minyak esensial ke tubuhmu untuk menghindari gigitan nyamuk.


Pertahankan kebersihan yang baik dan bersihkan semua genangan air


Kamu dapat melindungi diri sendiri dan menjaga rumahmu bebas nyamuk dengan menjaga kebersihan dan mengosongkan air yang tergenang di dalam atau di sekitar rumahmu. Pastikan untuk membersihkan tanaman pot dan menjaga drainase yang baik di taman, kamar mandi atau balkon rumahmu karena air yang terkumpul adalah tempat favorit perkembangbiakan nyamuk.


Tips dan Trik untuk Menjaga Rumah Bebas Nyamuk pada Musim Hujan


Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Tips dan Trik untuk Menjaga Rumah Bebas Nyamuk pada Musim Hujan"

1 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua