Tips Agar Cepat Tidur Untuk Insomnia

Tidur adalah suatu keharusan untuk manusia. Namun beberapa orang tidak mendapatkan tidur yang cukup, bisa dikarenakan tuntutan pekerjaan ataupun aktifitas sehari-hari yang amat sibuk.


tips agar cepat tidur

Jika cukup sering mengalami kesulitan tidur atau insomnia, Anda tidak perlu khawatir. Untuk mengatasi kondisi tersebut, ada beberapa cara yang cukup efektif untuk membantu Anda mengatasi masalah tersebut. Berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda terapkan agar bisa segera tidur:


1. Menaati Jadwal Tidur yang Telah Anda Buat


Salah satu cara agar Anda bisa cepat terlelap adalah dengan membuat jadwal tidur. Tak hanya itu, Anda juga perlu menaati jadwal tersebut. Ini artinya, Anda akan tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari. Cara ini rupanya cukup ampuh dalam menghadapi masalah sulit tidur.


Bahkan, Anda tetap harus melakukan rutinitas ini dan bangun sesuai jadwal pada akhir pekan. Apalagi, memiliki kebiasaan atau rutinitas yang selalu sama untuk membantu tubuh mengenali kapan waktunya Anda mengantuk, serta kapan waktunya untuk bangun.


Sebaliknya, saat Anda tidak memiliki jadwal yang jelas, sering terjaga hingga larut malam, atau terlalu banyak tidur pada akhir pekan, risiko mengalami insomnia justru akan meningkat. Pasalnya, kondisi tersebut dapat mengganggu jam biologis tubuh, sehingga Anda akan semakin kesulitan untuk tertidur.


2. Mengurangi Penggunaan Alat Elektronik


ika Anda suka menonton televisi atau bermain smartphone sebelum menjelang jam istirahat pada malam hari, mungkin ini adalah waktunya untuk menghentikan kebiasaan tersebut. Nyatanya, kebiasaan-kebiasaan ini justru membuat Anda semakin sulit terlelap. Ya, semakin intens menggunakan alat elektronik, semakin sulit Anda tertidur pada malam hari.


Hal ini tentu saja berisiko membuat kualitas tidur berkurang, hingga Anda mengalami berbagai gangguan tidur karena tidak mendapatkan waktu tidur yang cukup. Oleh sebab itu, meski terasa nyaman dan seru, lebih baik jauhkan gadget dari pandangan mata, setidaknya satu jam sebelum mulai memejamkan mata.


Sinar biru dari layar gadget, seperti smartphone, tablet, hingga laptop dapat menekan hormon melatonin, yaitu hormon yang bertugas meregulasi tidur Anda. Dengan mengurangi penggunaannya, bisa dipastikan Anda akan lebih mudah cepat tertidur.


3. Mengurangi Konsumsi Kafein


Kafein merupakan salah satu stimulan yang sangat mudah Anda temukan dalam berbagai jenis minuman: kopi, teh, dan minuman berenergi. Sebenarnya, tak masalah jika Anda penggemar minuman berkafein dan ingin mengonsumsinya. Apalagi, minuman berkafein juga dipercaya dapat meningkatkan energi Anda pada siang hari.


Sayangnya, minuman yang mengandung stimulan ini tak hanya memberikan efek atau dampak yang baik, tetapi juga memiliki efek samping. Rupanya, mengonsumsi minuman seperti kopi, teh, dan minuman yang mengandung kafein lainnya dapat mengurangi jumlah jam sekaligus kualitasnya.


Oleh karena itu, salah satu cara yang dapat membantu Anda adalah mengurangi konsumsi minuman ini. Upayakan, waktu paling akhir untuk Anda mengonsumsi minuman ini 5-6 jam sebelum jam tidur. Pasalnya, efek stimulan dari kafein akan memudar setelah empat jam.


4. Mengatur Stress Saat Sulit Tidur


Cara berikutnya adalah mengurangi pikiran negatif, khususnya yang berkaitan dengan susah memejamkan mata. Anda mungkin cenderung cemas dan berujung stres.


Padahal, hal tersebut justru semakin membuat Anda terjaga. Oleh sebab itu, jika Anda merasa belum mengantuk meski sudah memasuki saat memejamkan mata, lebih baik cobalah melakukan aktivitas yang dapat membuat tubuh merasa sedikit lelah. Contohnya, yoga atau olahraga ringan sebelum tidur lainnya.

Tetaplah tenang dan jangan panik.


Dengan menenangkan diri dan pikiran, bisa jadi Anda akan lebih cepat terlelap. Justru, terlalu banyak berpikir dapat membuat Anda semakin stres dan terjaga sepanjang malam.


5. Meningkatkan Rutinitas Olahraga


Selain membuat jadwal istirahat, cara cepat agar Anda bisa terlelap pada malam hari adalah rutin berolahraga. Baik olahraga ringan, sedang, hingga berat dapat membantu agar Anda mudah merasa mengantuk. Bahkan, berolahraga juga dapat meningkatkan kualitas tidur serta mengurangi risiko Anda mengalami gangguan tidur.


Sebuah penelitian pada International Review of Psychiatry membuktikan bahwa penderita insomnia kronis yang rutin melakukan aktivitas fisik ini dapat memangkas waktu yang biasanya ia habiskan untuk menunggu rasa kantuk datang. Ini artinya, penderita insomnia tersebut semakin cepat untuk terlelap.


Oleh sebab itu, jangan pernah menyepelekan aktivitas yang satu ini. Semakin sering melakukannya, semakin besar pula kesempatan Anda untuk menerapkan pola tidur yang sehat. Apalagi, kondisi ini juga dapat membantu mengatur ulang jam biologis tubuh.

38 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua