Manfaat Teh Sereh Bantu Perkuat Imunitas Tubuh dan Turunkan Berat Badan

Turkeykarpet.com - Selain digunakan untuk bumbu masakan, sereh juga dapat dibuat menjadi teh yang menyehatkan. Racikan teh sereh memiliki beragam manfaat untuk imunitas dan diet.


Manfaat Teh Sereh

Teh Sereh atau serai merupakan salah satu tanaman yang umum digunakan di Indonesia sebagai rempah masakan atau obat herbal. Tak hanya memiliki aroma wangi yang kuat, sereh juga mengandung beragam nutrisi penting bagi kesehatan.


Saat dijadikan obat herbal yang menyehatkan, biasanya sereh diolah menjadi teh. Cara membuatnya pun mudah, hanya memerlukan sekitar 4-5 batang sereh yang tua, lalu direbus dengan 500 ml air sampai mendidih. Teh sereh ini bisa langsung dinikmati selagi hangat atau bisa juga ditambahkan air lemon dan madu.


Dilansir dari Fab Woman (11/1), teh sereh yang mengandung zat anti bakteri hingga anti inflamasi ini memiliki beragam manfaat. Di antaranya dapat memperkuat imunitas tubuh hingga menurunkan berat badan.


Berikut 5 manfaat teh sereh yang menyehatkan tubuh.


1. Memperkuat Imunitas Tubuh


Manfaat Teh Sereh untuk Memperkuat Imunitas Tubuh Foto: Getty Images/iStockphoto

Pandemi belum juga berakhir hingga muncul lagi varian virus terbaru dari Covid-19 bernama Omicron. Agar tak tertular penyakit, tubuh harus tetap bugar dengan menjaga imunitas tubuh.


Rutin mengonsumsi makanan sehat adalah salah satu kuncinya. Makanan dan minuman yang mengandung zat antioksidan tinggi juga perlu dikonsumsi. Salah satunya teh sereh yang bisa menjadi alternatif minuman sehat selama pandemi.


Zat antioksidan yang tinggi pada teh sereh ini dapat membantu dalam detoksifikasi tubuh dari dalam. Mengonsumsinya secara teratur dapat membantu dalam menghilangkan racun dari tubuh dengan menghilangkan retensi cairan. Kamu bisa mengonsumsi satu gelas teh sereh secara rutin setiap pagi.


2. Melancarkan Pencernaan


Masalah pencernaan kerap dialami kalau tubuh kekurangan asupan serat. Untuk membantu dalam mengatasi masalah pencernaan, bisa menggunakan obat herbal seperti teh sereh.


Dalam sebuah penelitian menunjukkan kalau sereh sering digunakan untuk mengobati masalah pencernaan seperti sembelit, kembung, dan gangguan pencernaan lainnya. Pada penelitian di tahun 2012, sereh juga terbukti efekti dalam melawan tukak lambung.


3. Menurunkan Berat Badan


Sereh bisa dijadikan teh untuk menurunkan berat badan. Foto: Getty Images/iStockphoto

Teh sereh juga bisa dimanfaatkan untuk program diet. Karena, teh sereh yang dikonsumsi secara rutin bisa meningkatkan metabolisme tubuh dan membakar kalori dalam tubuh.


Sehingga berat badan dapat turun dengan cepat. Kamu bisa mengonsumsi teh sereh ini secara rutin setiap pagi atau sarapan.


Hal ini juga didukung pada bukti penelitian dalam jurnal American Journal of Clinical Nutrition di tahun 2013 yang menunjukkan bahwa polifenol yang ditemukan dalam senyawa tumbuhan alami dan kandungan kafein dalam teh meningkatkan penggunaan energi dan oksidasi asam lemak dalam tubuh.


4. Kurangi Sakit Saat Menstruasi


Menstruasi kerap menimbulkan efek samping pada setiap wanita. Biasanya disertai rasa sakit pada area sekitar perut dan pinggul, pusing, hingga kelelahan.


Banyak wanita yang mengobatinya dengan obat herbal. Teh sereh bisa menjadi alternatif untuk mengurangi sakit saat menstruasi. Teh sereh memberikan efek yang dapat menenangkan perut, sehingga rasa sakit dapat diatasi.


5. Baik untuk Kesehatan Kulit dan Rambut


Teh sereh juga baik dikonsumsi untuk kesehatan kulit dan rambut. Foto: Getty Images/iStockphoto

Sereh memiliki kandungan vitamin A dan vitamin C yang tinggi. Kadungan ini merupakan nutrisi yang paling penting untuk memperbaiki masalah kesehatan kulit dan rambut.


Kamu bisa mengonsumsi teh sereh secara teratur untuk mencegah jerawat dan kulit berminyak. Teh sereh juga mengandung zat antibakteri dan antimikroba yang efektif untuk mengurangi ketombe dan gatal pada kulit kepala.

8 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua