Manfaat Daun Jarak dan Cara Mengolahnya

Daun Jarak, sebagian orang pasti sering menjumpai tanaman ini namun tidak mengetahui namanya.


Daun jarak sendiri memang sudah ada sejak zaman nenek moyang. Tumbuhan ini dikenal sangat tahan kekeringan dan mudah diperbanyak dengan stek. Tanaman ini sudah terkenal mampu dijadikan sebagai bahan pengobatan sekaligus racun.


Namun bukan hanya daunnya saja, biji jarak juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Biji jarak biasanya diolah menjadi minyak untuk mendapatkan manfaat bagi kesehatan.


manfaat daun jarak

Daun jarak mempunyai beberapa manfaat salah satunya yaitu untuk mengobati perut kembung karena masuk angin. Terutama bagi bayi, daun jarak bisa menjadi alternatif ketimbang mengonsumsi obat kimia yang bisa menimbulkan efek samping. Lantas, apalagi manfaat daun jarak bagi mengobati penyakit ringan hingga berbahaya?


1. Daun Jarak Dapat Mengobati Sariawan


Manfaat daun jarak dapat meringankan sariawan. Caranya, manfaatkan getah dari daun jarak dan oleskan ke bagian sariawan. Untuk mendapatkan getah dari daun jarak, remas-remas bagian daun dan batang hingga getah muncul.


2. Daun Jarak Bisa Meringankan Demam Pada Bayi


Daun jarak juga bisa membantu menurunkan suhu geothermal dalam tubuh, khususnya bagi bayi. Caranya, siapkan 2 – 3 lembar daun jarak yang masih segar dan bersihkan. Olesi daun jarak dengan minyak lalu panaskan di atas kompor selama 2 menit. Selanjutnya tempelkan di perut atau bisa dipasangkan di gurita bayi.


3. Daun Jarak Bisa Mengatasi Kerusakan Pada Hati


Menurut sebuah studi, ekstrak daun jarak terbukti dapat digunakan untuk mengatasi kerusakan hati yang disebabkan oleh galactosamine. Selain itu, ekstrak daun jarak juga dapat mengobati peradangan.

4. Daun Jarak Dapat Mengobati Batuk dan Dahak


Batuk dapat diobati dengan daun jarak, baik untuk batuk biasa ataupun batuk yang berdahak, seperti dikutip Dinas Perkebunan Provinsi Jawa Barat. Ramuannya ialah siapkan akar pohon jarak dan bersihkan lalu direbus dengan air 7 gelas hingga mendidih. Air rebusan tersebut diminum di pagi dan sore hari. Ulangi hingga 3 kali rebusan baru diganti dengan akar yang baru.


5. Daun Jarak Dapat Mengatasi Sembelit


Manfaat daun jarak dapat membantu mengatasi susah buang air besar atau BAB. Untuk mendapatkan manfaat daun jarak ini, cukup gunakan daun jarak yang masih segar. Kemudian cuci bersih daun jarak, kemudian dikukus hingga matang. Setelah itu santaplah daun jarak sebagai lalapan atau pendamping makan kamu.


Masih banyak lagi manfaat daun jarak untuk kehidupan sehari-hari, namun apakah kamu tahu bagaimana cara mengolahnya? yuk disimak ulasan dibawah ini!


Cara Mengolah Daun Jarak

  • Rebusan Daun Jarak

Daun jarak yang direbus, kemudian diminum airnya. Dipercaya dapat melancarkan ASI, menstruasi, meredakan panas, mencegah kerusakan hati, hingga menyembuhkan sakit perut.

  • Jus Daun Jarak

Daun jarak juga bisa dibuat menjadi jus, khasiat dari daun jarak yang dibuat jus adalah sebagai penawar racun yang ada ditubuh kita, menurunkan kadar bilirubin pada orang dewasa yang menderita jaundice (sakit kuning).

  • Dijadikan Tapal

Daun jarak yang segar ditumbuk dan dijadikan tapal. Ketika sudah jadi tapal, daun jarak dapat mengobati bisul agar cepat kempes dengan cara menempelkannya pada bisul, dan olehkan ke bagian luka agar luka cepat mengering.

100 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua