Makanan Yang Dapat Memperburuk Kulit Wajah

Turkeykarpet.com - Makanan yang dikonsumsi sehari-hari dapat berdampak langsung pada kulit wajah. Sejumlah makanan dapat membuat kulit tampak lebih cerah. Sebaliknya terdapat juga makanan yang dapat merusak kulit wajah.


Makanan Yang Dapat Merusak Kulit Wajah

Makanan baik untuk kulit merupakan makanan yang bernutrisi tinggi dengan kandungan kolagen, vitamin dan antioksidan seperti sayur, buah, dan protein tanpa lemak. Sedangkan yang merusak kulit umumnya merupakan makanan yang tidak bernutrisi dan tidak sehat.


Berikut makanan yang dapat merusak kulit wajah:


1. Daging berlemak


Daging mengandung lemak jenuh yang tinggi. Konsumsi lemak jenuh ini dikaitkan dengan peningkatan produksi insulin. Insulin yang tinggi dapat meningkatkan hormon seks dan produksi jerawat.


Oleh karena itu, hindari konsumsi daging berlemak. Pilih daging tanpa lemak.


2. Daging olahan


Makanan yang dapat merusak kulit wajah salah satunya adalah daging olahan. (Foto: morgueFile/frolicsomepl)


Selain daging berlemak, hindari juga konsumsi daging olahan. Daging olahan seperti sosis, hotdogs, bakso, burger telah melewati proses pengolahan dan tinggi kandungan nitrat yang tinggi. Dikutip dari Eat This, kandungan ini dapat menyebabkan inflamasi dan kerutan di kulit.


3. Gula tambahan dan pemanis buatan


Konsumsi gula tambahan dan pemanis buatan yang terdapat dalam makanan dan minuman juga buruk untuk kulit. Gula dapat mempengaruhi hormon yang dapat meningkatkan jerawat di kulit wajah.


Gula berlebih juga dikaitkan dengan penurunan kolagen dan elastisitas kulit.


4. Produk susu


Sejumlah studi menunjukkan susu sapi dapat mempengaruhi hormon dan insulin. Akibatnya, produksi minyak meningkat dan jerawat pun lebih mudah tumbuh.


5. Alkohol


Konsumsi alkohol dapat mempercepat proses penuaan. Alkohol juga merusak tekstur kulit. Selain itu, alkohol juga bersifat diuretik sehingga menarik air di dalam tubuh. Kandungan air yang berkurang dapat menyebabkan dehidrasi dan membuat kelembapan kulit berkurang.


6. Makanan cepat saji


Makanan cepat saji tinggi kalori, lemak, dan karbohidrat refinasi. Semua kandungan berkontribusi pada pertumbuhan jerawat


7. Makanan pedas


Makanan pedas seperti cabai atau saus pedas dapat memicu proses peradangan di kulit. Peradangan ini menyebabkan peningkatan produksi minyak dan sensitivitas kulit.


Sumber : CNNIndonesia


8 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua