Karpet Sajadah Masjid, Peran Saat Pandemi Covid-19

Karpet Sajadah Masjid pada awal tahun 2020 sering dibicarakan sebagai salah-satu media penyebar wabah covid-19. Menteri Agama Fachrul Razi mengimbau masjid-masjid untuk menggulung karpet demi mencegah penyebaran Virus Corona. Pasalnya, karpet itu jadi salah satu sumber penyebaran penyakit.


"Sekarang akan mengimbau semua masjid melakukan hal yang sama. Satu, menggulung semua karpet-karpetnya karena ternyata itu salah satu sumber penyakit," ujar Fachrul di Masjid Istiqlal, Jakarta, Jumat (13/3).


Selain itu dia menghimbau untuk para masjid menyediakan penyemprotan disinfektan atau cairan antiseptik di area masjid.


Selain di masjid, Fachrul juga akan mengeluarkan imbauan serupa di tempat ibadah lain. "Nanti kami keluarkan imbauan untuk melakukan hal yang sama demi kemaslahatan umat. Semua jamaah," katanya.


Sementara itu, Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar mengatakan penggulungan karpet berkaca dari kasus penyebaran Corona yang menimpa jemaah di Malaysia dan Brunei Darussalam.


"Kami menggulung karpet karena kasus yang terakhir menimpa jemaah yang ikut pengajian akbar di Malaysia, Brunei, penularannya oleh karpet. Saudi Arabia pun melakukan hal yang sama," ujarnya.


"Pengambilan air wudhu, betul-betul yakinkan air itu mengalir dengan baik kemudian di tiap-tiap tempat wudhu kami siapkan sabun dan antiseptik. Mudah-mudahan dengan itu akan menjadi lebih baik penularan penyakit menjadi lebih sedikit," ungkap Fachrul.


Selain menggulung karpet, pihak masjid Istiqlal juga akan mensterilkan mikrofon yang digunakan oleh pengkhotbah. Pihak masjid juga akan mensterilkan uang infaq dari jemaah.


"Kami lebih mendetail yang kecil-kecil seperti mikrofon kami sterilkan, uang receh kan ada uang China, dolar, penularan melalui uang juga kami sterilkan," ucapnya.


Saat ini sudah banyak Masjid yang berani menggelar kembali sajadah atau karpet masjidnya. Walaupun masih dalam kondisi pandemi covid-19 ini.


Kami tim Hjkarpet.com pusat karpet terlengkap di indonesia juga menyediakan karpet sajadah masjid atau perlengkapan masjid lainnya, baru-baru ini juga sudah banyak masjid atau musholla yang mulai memesan karpet sajadah masjid.

29 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua