Faris Ramli Buka Suara Soal Penalti yang Gagal dan Kata-Kata Asnawi

Turkeykarpet.com - Kegagalan penalti Faris Ramli bisa disebut kunci tersingkirnya Singapura dari Piala AFF 2020. Momen itu dibumbui pula aksi kontroversial Asnawi Mangkualam.


singapura gagal penalti

Faris Ramli pun buka suara soal kegagalan penalti dan momen kala ia dihampiri kapten timnas Indonesia Asnawi Mangkualam. Rangkaian kejadian itu terjadi dalam semifinal leg kedua Piala AFF 2020 di National Stadium, Sabtu (25/12/2021) lalu.


Dalam kedudukan imbang 2-2, Singapura mendapatkan penalti di penghujung pertandingan. Penalti itu kemungkinan besar akan menjadi penentu kelolosan Singapura, jika menjadi gol.


Baca Juga : Indonesia Ingin Akhiri Penantian 25 Tahun Final Piala AFF


Tapi seperti diketahui, eksekusi Faris Ramli yang mengarah ke pojok kanan terbaca oleh kiper timnas Nadeo Argawinata dan ditepis. Seketika pada momen itu pula Faris tahu harga yang harus dibayar timnya.


Sepersekian detik dari kegagalannya, kapten timnas Indonesia Asnawi Mangkualam menghampiri dan diduga mengucapkan 'Thank you', yang dianggap sebagai gestur meledek. Asnawi kemudian diminta menjauh oleh rekan Faris.


Sebenarnya apa yang terjadi saat itu dari sudut pandang Faris Ramli? Apa kata-kata yang saat itu diucapkan Asnawi?


"Itu perasaan terburuk yang pernah saya rasakan. Satu-satunya pikiran yang terlintas saat itu adalah 'Kok bisa saya gagal?'," ucap Faris dalam wawancara dengan Strait Times.


"Saya bahkan tidak menyadari kapten Indonesia berbicara ke saya...Saya dengar suaranya tapi enggak tahu apa yang dia katakan. Saya berterima kasih ke Shahdan dan beberapa pemain yang mendukung saya saat itu," imbuh pemain Lion City Sailors tersebut.


Faris juga mengakui Nadeo melakukan penyelamatan yang bagus. Momen kiper Bali United itu terbang dan menghalau bola ke luar lapangan masih terus kembali ke ingatannya.


"Saya tahu tim butuh seseorang...pada saat itu, cuma insting saja untuk mengambil bola dan mengeksekusinya. Bohong kalau saya bilang saya tak memikirkan momen itu. Itu terus berputar di kepala saya," pungkasnya.


Singapura pada akhirnya kalah 2-4 setelah babak tambahan, memastikan Indonesia ke final. Indonesia selanjutnya akan menghadapi Thailand pada laga puncak di National Stadium, Rabu (29/12/2021) malam WIB dan Sabtu (1/1/2022) malam mendatang.


Sumber : Sport.detik.com

12 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua