Cara Merawat Karpet Polypropylene Agar Tidak Cepat Rusak!

Turkeykarpet.com - Cara merawat karpet polypropylene atau PP mungkin sedikit berbeda dengan cara merawat karpet pada umumnya. Sebab, karpet PP terbuat dari bulu sintetis yang berasal dari plastik. Sehingga bila tidak pernah dicuci, warna pada karpet akan memudar dan jadi buram karena kotoran yang menempel.


Karpet polypropylene sendiri banyak dipilih oleh masyarakat Indonesia karena harganya yang sangat terjangkau. Selain itu, banyaknya pilihan motif, warna, dan ukuran, membuat banyak orang yang suka dengan karpet jenis ini.


Nah, jika Anda juga punya karpet PP di rumah dan ingin merawatnya agar tidak cepat rusak, berikut ini kami akan berikan beberapa tips yang bisa diikuti.


Agar karpet tetap bersih dan tidak cepat rusak, ikutilah langkah-langkah di bawah ini.


Jangan Lipat Karpet Waktu Tidak Sedang Dipakai

Melipat Karpet

Karpet polypropylene tidak boleh terlalu sering dilipat, apalagi ditimpa dengan benda lain yang lebih berat. Sebab lipatan-lipatan yang dihasilkan bisa meninggalkan tanda para permukaan karpet.


Jadi bila tidak sedang dipakai, gulung karpet dan taruh dengan posisi berdiri. Pastikan bagian atas karpet posisinya ada di gulungan yang dalam, sehingga hanya bagian bawah yang terekspos ketika karpet disimpan.

Jangan Sapu Karpet PP dengan Sapu Ijuk

Mensapu Karpet

Sapu ijuk tidak akan bisa membersihkan permukaan karpet PP yang kotor. Justru, beberapa helai sapu ijuk malah akan menempel pada bulu karpet dan membuat permukaannya semakin terlihat kotor.


Kita bisa gunakan sapu lidi untuk membersihkan kotoran di karpet PP.

Tapi, jangan sapu terlalu keras agar lem yang menempelkan bulu dengan karpet tidak rusak.


Jemur Tiap Satu Minggu Sekali

Menjemur Karpet

Bila di rumah Anda ada pagar yang panjangnya cukup untuk menjemur karpet PP, maka jemurlah karpet minimal satu minggu sekali.


Pastikan sinar matahari menyinari bagian atas karpet sepenuhnya agar semua bakteri dan kuman yang menempel pada bulu karpet bisa mati.


Jika Anda ingin mengikuti cara tradisional, gunakan tongkat yang bisa digunakan untuk membersihkan karpet dan kasur sambil dijemur.


Bersihkan Dengan Vacuum Cleaner

Vakum Cleaner Karpet

Jika di rumah Anda tidak banyak sinar matahari yang masuk untuk menjemur karpet, maka cara alternatif untuk menjaga karpet PP tetap bersih adalah dengan membersihkannya pakai vacuum cleaner.


Satu hal yang perlu diperhatikan, pastikan kekuatan vacuum cleaner berada di level paling rendah. Dengan begitu tidak ada bulu karpet yang ikut tercabut dan membuat permukaan karpet jadi botak-botak di bagian tertentu.


Dengan cara ini, semua kotoran dan debu yang ada di karpet akan terangkat. Tapi kuman dan bakteri bisa tetap hidup di permukaan karpet. Jadi, sering-sering membersihkannya dengan vacuum agar karpet tidak menjadi sarang penyakit untuk anak dan penghuni rumah yang lain.


Bersihkan Dengan Kain dan Baking Powder Bila Ada Noda

Kain dan Baking Soda Karpet

Bila ada noda seperti ketumpahan air teh, makanan berkuah, atau noda lain di karpet yang tidak bisa dibersihkan dengan vacuum cleaner, maka gunakan kain dan cuka atau baking powder untuk menghilangkan noda tersebut.


Cara menghilangkan noda di karpet PP sangat mudah, kita bisa ikuti langkah-langkah di bawah ini.

  1. Pertama, silakan ambil kain putih atau kain apapun yang bersih

  2. Kemudian tuangkan sedikit cuka atau baking powder ke area karpet yang terkena noda

  3. Lap dengan perlahan sampai noda tersebut hilang. Jangan terlalu kuat, supaya tidak merusak karpet.

  4. Kemudian, ambil satu kain lagi dan lap area yang sama sampai kering


Rutin Di Laundry


Yang terakhir, laundry karpet polypropylene paling tidak satu bulan sekali. Karena walaupun karpet sering dibersihkan dengan vacuum cleaner dan dijemur di bawah sinar matahari, kuman-kuman di permukaan karpet akan terus berkembang biak.


Selain itu, akan muncul bau tidak sedap dari karpet yang tidak pernah di laundry. Jadi dalam satu bulan, setidaknya kita harus membawa karpet ke laundry satu kali.


Sebenarnya karpet satu ini bisa dicuci secara manual, namun jika Anda melaundrynya pasti baunya jadi harum dan tidak apek lagi. Seperti itulah cara merawat karpet polypropylene agar tetap bersih tanpa harus merusak lem dan bulu pada permukaannya. Mulai sekarang, jaga kebersihan karpet agar tidak menjadi sumber penyakit kulit dan bau yang membuat seisi rumah jadi terganggu.

4 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua