Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami

Turkeykarpet.com - Jerawat yang tumbuh di area wajah memang sering menjengkelkan, mengganggu penampilan, dan menimbulkan rasa tidak nyaman. Salah satu area wajah yang rentan terkena jerawat ialah dagu. Jerawat di wajah umumnya disebabkan pori-pori kulit yang tersumbat oleh sel kulit mati dan berbagai macam kotoran yang mengundang jerawat.


Melansir dari Healthline, munculnya jerawat kerap disebabkan oleh kebersihan kulit yang tidak terjaga. Seseorang yang tidak menjaga kebersihan wajahnya bisa berpotensi memicu timbulnya jerawat. Pasalnya, saat kebersihan wajah tidak terjaga maka pori-pori bisa tersumbat oleh minyak dan sisa kotoran yang menempel di wajah.   Ketika jerawat muncul di bagian wajah, sebaiknya hindari untuk memencetnya. Kebiasaan memencet Jerawat dapat meningkatkan risiko infeksi dan lebih lama sembuh. Selain itu, menghindari berbagai produk perawatan yang bisa menambah produksi minyak di kulit juga dipercaya mampu mencegah timbulnya jerawat.



Lantas, bagaimana cara hilangkan jerawat secara alami dengan cepat? Simak ulasannya yang Turkeykarpet.com lansir dari Healthline.com:


Penyebab Jerawat


Jerawat merupakan peradangan kulit yang mengenai kelenjar sebum dan folikel rambut akibat tersumbatnya pori-pori kulit. Banyak faktor yang menyebabkan timbulnya jerawat, di antaranya sebagai berikut:


Rambut yang Tumbuh ke Dalam


Kebiasaan mencukur jenggot yang sering dilakukan pria juga dapat memicu rambut tumbuh ke dalam kulit. Kondisi ini bisa menimbulkan peradangan dan tumbuh jerawat di dagu. Sehingga hal ini kerap mengganggu aktivitas sehari-hari karena menimbulkan rasa nyeri.


Perubahan Hormon


Penyebab jerawat berikutnya, yaitu terjadinya perubahan hormon. Produksi hormon androgen pada wanita dapat meningkat saat memasuki mas pubertas. Selain itu, wanita yang mengalami polycystic ovary syndrome (PCOS) juga dapat mengalami ketidakseimbangan hormon, sehingga berpotensi menimbulkan jerawat.


Tidak Menjaga Kebersihan Wajah


Salah satu faktor penyebab jerawat yang paling umum ialah tidak menjaga kebersihan wajah. Ketika kebersihan wajah tidak dijaga dengan baik, maka pori-pori dapat tersumbat dan menyisakan kotoran-kotoran yang menempel di wajah. Hal inilah yang kerap menimbulkan datangnya jerawat.


Mengonsumsi Makanan Berminyak


Penyebab jerawat lainnya ialah sering mengonsumsi makanan berminyak. Seseorang yang berlebihan mengonsumsi makanan berminyak seperti gorengan dapat membuat kelenjar minyak memproduksi lebih banyak minyak yang menyebabkan peradangan.


Cara Menghilangkan Jerawat secara Alami


Air Lemon

Jeruk lemon merupakan salah satu jenis buah yang populer di Indonesia. Buah yang memiliki rasa masam ini kerap diolah menjadi berbagai macam minuman. Selain memiliki cita rasa yang menyegarkan, jeruk lemon kaya akan nutrisi yang mampu menghilangkan bekas cacar.


Melansir dari Health Benefit, jeruk lemon memiliki kandungan vitamin C tinggi yang dapat mengatasi iritasi kulit. Selain itu, jeruk lemon juga berfungsi efektif membakar lemak perut berlebih, sehingga sangat cocok untuk membantu program diet.


Madu


Cara hilangkan jerawat selanjutnya, yaitu menggunakan madu. Sejak dulu, madu dikenal menyimpan segudang manfaat untuk kesehatan kulit. Banyak sekali produk perawatan wajah yang menggunakan madu sebagai bahan utama pembuatannya.


Pasalnya, madu memiliki kandungan zat yang baik untuk melindungi kulit dari kerusakan, seperti menghilangkan bekas cacar jerawat. Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu mengoleskan madu ke permukaan kulit wajah dan diamkan beberapa menit, setelah itu bilas memakai air bersih secukupnya.


Buah Pepaya


Buah pepaya mengandung vitamin A, C, dan E yang berfungsi sebagai antioksidan dalam membantu menutrisi dan melembapkan kulit. Selain itu, kandungan ini juga berperan penting dalam menghilangkan bekas cacar, membersihkan kotoran pada wajah, dan membantu mengencangkan kulit wajah.


Cara mendapatkan manfaat dari buah pepaya cukup mudah, Anda hanya perlu menghaluskan pepaya kemudian menggunakannya sebagai masker wajah dan diamkan selama 30 menit. Setelah itu bilas menggunakan air hingga bersih.

12 tampilan2 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua