Cara Membersihkan Karpet Luar Ruangan agar Tetap Seperti Baru!

Turkeykarpet.com - Menggelar karpet di permukaan lantai luar ruangan (seperti teras, balkon, dan sebagainya) dapat menjadi tambahan yang sangat bergaya. Namun, karpet yang dibentangkan di luar ruangan cenderung menarik dan menumpuk kotoran maupun debu dengan lebih cepat.


Untungnya, karpet yang tergelar di luar ruangan sangat mudah dirawat dan dijaga kebersihannya selama kamu mematuhi jadwal pembersihan yang teratur.


Singkirkan barang di atas karpet




Untuk membersihkan karpet luar ruangan dengan benar, pertama-tama kamu harus menyingkirkan perabotan atau barang-barang dekorasi yang berada di atas karpet.


Hal ini berguna agar kamu dapat dengan mudah mengakses bagian atas dan bawah karpet untuk menyelesaikan langkah selanjutnya.






Goyangkan atau tepuk karpet


Meskipun hampir semua karpet luar ruangan terbuat dari serat yang tahan jamur dan lumut, bukan berarti jamur dan lumut tidak dapat menumpuk. Jamur dan lumut dapat menumpuk ketika kotoran, debu, tanah, atau serpihan apa pun menumpuk.


Menyingkirkan kelebihan kotoran dan debu yang melekat adalah pertahanan terbaikmu melawan ini. Jika memiliki karpet yang lebih kecil yang dapat kamu ambil dengan mudah, pegang salah satu ujung karpet dan singkirkan kotoran atau debu berlebih.


Jika karpetmu berukuran lebih besar, gantung di atas pagar balkon dan pukul dengan sapu atau benda serupa untuk menghilangkan kotoran dan debu dari karpet. Pastikan kamu melakukan langkah di atas pada kedua sisi karpet agar bisa bersih sempurna.



Vakum


Setelah kotoran yang lebih besar telah dibersihkan, saatnya untuk meletakkan karpet kembali permukaan yang rata dan menyedot debu yang mungkin kamu lewatkan.


Penggunaan vacuum cleaner akan dapat mengambil partikel debu terkecil yang terlewatkan pada langkah sebelumnya.



Perhatikan bagian yang perlu dibersihkan khusus


Apakah ada area di karpetmu yang membutuhkan perhatian khusus, seperti noda atau area yang banyak diinjak? Jika kamu berurusan dengan noda, bersihkan dengan handuk bersih dan cobalah untuk mengangkat sebanyak mungkin noda.


Jika noda sudah mengering dan mengeras, coba hilangkan beberapa bahan yang mengeras dengan ujung peralatan dapur atau benda serupa.


Cuci karpet



Campurkan air dengan detergen lembut atau sabun cuci piring. Setelah itu, tuangkan beberapa larutan di atas karpet dan ambil sikat lantai yang bersih untuk menggosok ke arah yang sama dengan tenunan karpet. Kamu dapat fokus pada area atau spot yang perlu dibersihkan, atau menggosok seluruh permukaan karpet. Setelah menggosok area yang diinginkan, ambil karpet dan gantung lagi di atas pagar balkon.


Bilas semuanya dengan air dari selang sampai semua sabun hilang. Jika kamu tidak memiliki selang, gunakan ember untuk menuangkan air ke area yang digosok.


Keringkan



Sangat penting untuk menghindari karpetmu dari permukaan tanah. Jadi, gantung karpet di pagar balkon atau jemuran kering dan membiarkan kedua sisi mengering dengan benar.

Jasa Pencucian Karpet : www.cucikarpet.co.id

11 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua