Bikin Adem, Inilah 3 Inspirasi Desain Interior Masjid Terkini


Desain interior masjid punya ciri khas berbeda satu sama lain. Bisa jadi anda padukan dengan 3D wall panel sehingga lebih artistik.

Desain interior masjid mempengaruhi citra bangunan yang ditonjolkan. Terlebih bagi tempat ibadah yang baiknya memiliki citra menenangkan atau adem bagi orang yang datang. Masjid menjadi salah satu bangunan yang identik dengan desain interior dan eksterior unik. Berkembang di berbagai peradaban, masjid banyak dipengaruhi oleh ragam budaya dari masa ke masa.

Beberapa dari Anda pasti pernah mengamati desain interior masjid yang kaya akan makna, dari sentuhan kultur dan budaya hingga tren modern. Dimulai dari arsitekturnya, ragam model kubahnya, pilihan warna, hingga jenis dekorasi temboknya. Pilihan kreasi tembok masjid, salah satunya melalui 3D wall panel menjadi hal yang tren belakangan ini.

Pemilihan desain interior yang tepat bisa buat suasana masjid semakin adem. Bagi Anda yang penasaran, ini dia tiga inspirasi desain interior bangunan masjid yang menggunakan 3D wall panel.


1. Minimalis dan Elegan


Desain masjid pertama adalah minimalis dan elegan. Pada konsep ini, masjid akan didominasi warna putih yang dikombinasikan dengan warna-warna lembut layaknya biru, cokelat, hijau, kuning kenari, hingga kecoklatan. Nah, Anda bisa mengkreasikan panel dinding 3D dengan pilihan warna tersebut. Panel dinding dengan corak sederhana, seperti tipe pegunungan, tepat digunakan karena berbentuk indah dan memancarkan suasana damai. Perpaduan ini cocok untuk menghidupkan desain yang minimalis dan elegan. Jangan lupa untuk memperkuat penggunaan pencahayaan di semua sudut ruangan.

2. Mewah nan Menenangkan


Desain interior masjid kedua mengambil desain-desain masjid pada masa pertengahan yang didominasi oleh interior bernuansa mewah. Kemewahan ini kemudian direpresentasikan pada dekorasi tembok yang khas yaitu 3D wall panel. Berbeda dari zaman terdahulu, tembok tidak perlu diukir. Panel dinding 3D merupakan terobosan baru untuk menghadirkan nuansa mewah dalam masjid.

Panel motif permata merupakan pilihan yang tepat untuk tema kemewahan. Kesan abstrak pada motif ini sangat pas disandingkan dengan gaya pertengahan yang mewah. Apalagi dipadukan dengan pencahayaan yang tepat, maka akan terpantul kemewahan pada setiap segi panel permata tersebut.

3. Futuristik dan Modern


Nah, desain interior masjid modern adalah yang paling umum dijumpai di kota-kota besar Indonesia. Kesan futuristik dan modern ini umumnya ditampilkan dari bentuk bangunan, warna bangunan, bentuk kubah, hingga detail interior yang dalam hal ini mulai memanfaatkan penggunaan panel tembok 3D.

Kesan modern nan futuristik biasanya direpresentasikan melalui panel tembok 3D berkonsepkan bintang. Konsep futuristik membutuhkan desain yang rumit dari banyaknya sudut bintang. Panel tembok bertema bintang diyakini bisa menggambarkan sebuah bangunan yang baru dan kekinian. Nah, panel bintang akan semakin pas jika dipadukan dengan warna-warna berani dan pengaturan lampu di tiap sisi ruangan.

Seiring perkembangan zaman, desain interior masjid akan semakin berkembang pula. Untuk saat ini, Anda bisa mengandalkan 3D wall panel sebagai pelapis dinding masjid maupun tempat ibadah lainnya. Anda bisa berkreasi dengan Mosaicart yang kuat dan tahan terhadap cuaca ekstrem karena berbahan beton konkret.


Sumber : https://www.kompasiana.com/aurelliavania8602/5fbcf079d541df3a7850d482/bikin-adem-inilah-3-inspirasi-desain-interior-masjid-terkini?page=1

0 views0 comments

Recent Posts

See All