6 Tips Sofa dan Karpet Bebas Kuman serta Wangi Lebih Lama!

Turkeykarpet.com - Ruang tamu merupakan tempat yang paling sering dijadikan tempat berkumpul bersama keluarga. Saat berkumpul bersama keluarga, pastinya sering bersentuhan dengan sofa dan karpet yang berbahan dasar kain.


Tips Karpet Bebas Kuman dan Wangi

Tahukah Anda? Semua yang berbahan dasar kain cenderung menyerap debu dan kotoran sehingga terlihat lebih mudah kotor dan lusuh. Bila dibiarkan dalam waktu lama maka debu dan kotoran akan menumpuk dan berpotensi menyebabkan asma, ruam di kulit dan alergi yang tentu saja berbahaya untuk tubuh.


Simak yuk pada artikel ini, 6 tips sofa dan karpet bebas kuman dan wangi lebih lama, terutama tamu berdatangan ke rumah saat Ramadhan tiba.


Bersihkan Sofa dan Karpet dari Kotoran yang Terlihat


Mencuci secara langsung sofa dan karpet yang kotor akan berakibat kepada kerusakan bahan dan pudarnya warna. Maka daripada itu, penting sekali untuk membersihkan terlebih dahulu kotoran dan partikel debu yang menempel.


Anda bisa membersihkannya dengan sapu lidi maupun vacuum cleaner untuk memaksimalkan proses pembersihan kotoran yang terlihat. Bersihkan secara menyeluruh dari setiap sisi pada sofa dan karpet sampai ke bagian yang sering diinjak atau diduduki oleh Anda dan keluarga.


Cuci Karpet dengan Digantung


Mencuci karpet dengan digantung dapat memudahkan kamu untuk membersihkan di setiap sisi karpet. Selain itu, pada saat mencuci karpet dengan metode digantung dapat membuang air lebih mudah dibandingkan karpet yang dibentang di lantai.


Gantungkan karpet yang kotor pada tali yang kuat. Pastikan juga agar posisinya tetap seimbang antara satu sisi ke sisi lain. Metode digantung ini memudahkan juga untuk mengangkat karpet yang basah dan menjaga jahitan dari setiap bagian karpet.


Semprot Air dengan Tekanan Besar


Karpet dan kain sofa yang kotor perlu dibersihkan dengan semprotan air bertekanan besar. Tekanan air yang besar dapat masuk ke sela-sela kain yang tidak kasat mata. Sehingga sofa dan karpet dapat bersih dengan maksimal dan kotoran hilang seketika.

Gunakan juga sikat berbahan yang lembut. Tujuannya agar permukaan kain tetap terjaga dan tidak merubah warna cantik dari sofa dan karpet tersebut. Selain itu, sikat yang kasar berpotensi merusak tekstur lembut dari bahan kain yang berbahan dasar polypropylene dan wol.

Gunakan Sabun Kain Khusus


Material kain yang berbahan halus membutuhkan sabun karpet yang khusus. Sabun kain yang beredar di pasaran berbahan kimia dengan konsentrasi yang rendah. Bila dibandingkan dengan sabun deterjen pencuci pakaian biasa, kadar residu sabun karpet khusus cukup rendah dan menjaga karpet tetap lembut.


Bila Anda tidak menemukan sabun kain khusus disekitar rumah. Anda dapat menggunakan sabun bayi yang lembut. Sehingga kain karpet maupun sofa tetap terjaga kualitasnya setiap saat.


Gunakan Baking Soda untuk Noda Membandel


Penggunaan baking soda dalam membersihkan sofa dan karpet yang memiliki noda membandel cukup efektif. Hal tersebut dikarenakan baking soda memiliki senyawa aktif yang dapat melunturkan kerak kotoran di sela-sela kain. Sehingga baking soda telah dipercaya untuk membersihkan noda yang yang membandel.


Jangan lupa untuk menggunakan sarung tangan terlebih dahulu sebelum menggunakan baking soda. Hal tersebut agar terhindar dari iritasi kulit akibat senyawa aktif yang berinteraksi dengan kulit.


Keringkan di Tempat Banyak Angin


Karpet yang telah dicuci harus dikeringkan di tempat yang banyak angin. Durasi proses pengeringan dapat dipersingkat apabila kecepatan angin konsisten menerpa langsung di permukaan kain.


Jangan menjemur kain sofa maupun karpet dengan cahaya matahari langsung karena dapat merusak tekstur dari karpet tersebut. Saat suhu panas menerpa karpet yang basah maka akan berakibat pada kehilangan kehalusan material kain dan juga warna berpotensi memudar.

15 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua