6 Macam Pola Lantai agar Rumah Tampak Lebih Menarik

Turkeykarpet.com - Kadang tidak diperlukan banyak perubahan pada rumah untuk menjadikannya terlihat lebih menarik dan hidup. Tidak perlu membelanjakan anggaran Anda untuk furniture atau aksesoris ruangan yang berlebihan dan tidak begitu esensial untuk rumah. Salah satu yang dapat dilakukan adalah dengan memasangkan pola lantai yang tepat di ruang-ruang yang terdapat pada rumah Anda.


Pola Lantai Rumah

Terdapat macam-macam pola lantai yang dapat dijadikan pilihan untuk menunjang sisi-sisi artistik rumah Anda. Menjadikan rumah lebih menarik, indah dilihat, serta nyaman untuk ditinggali. Berikut beberapa macam pola lantai yang dapat Anda pakai untuk memperindah interior rumah, dan memberikan ambience yang tepat sebagaimana Anda inginkan untuk rumah Anda.

1. Pola Heksagon

Alih-alih memilih pola persegi, lantai dengan pola heksagon dapat menjadi alternatif di antara macam-macam pola lantai yang ada. Pola heksagon atau juga dikenal dengan pola sarang lebah ini dinamakan demikian karena bentuknya yang persegi enam, dan terlihat seperti sarang lebah setelah dipasangkan.


Selain bentuknya yang unik, memadu-padankan warna atau jenis pola lantai heksagonal juga akan memberi kesan yang artistik. Seperti memadukan keramik heksagon berwarna putih dengan heksagon dengan motif kayu. Membuat suasana ruang tetap terasa minimalis namun tidak membosankan.

2. Pola Geometris

Pola geometris ini juga salah satu dari macam-macam pola lantai yang memiliki keunikan karena memanfaatkan sudut-sudut bangun segitiga pada lantai. Dengan perpaduan tema warna yang tepat sesuai tema ruang dan warna furniture, lantai dengan pola ini akan memperkuat sisi estetika pada desain ruangan secara keseluruhan. Memilih warna-warna kontras untuk pola lantai geometris juga dapat memberi kesan ruangan lebih luas daripada ukuran yang sebenarnya.

3. Pola Herringbone

Dengan menyusun potongan-potongan keramik panjang dalam susunan zig-zag, pola herringbone ini memiliki daya tarik kuat untuk memberi kesan yang lebih elegan pada rumah. Dari sekian banyak macam-macam pola lantai, herringbone jadi salah satu pola lantai yang paling sering diterapkan pada interior rumah yang bergaya skandinavian atau vintage.


Nilai elegan pola ini memang sanggup memberikan kesan artistik dan estetik. Dengan memilih warna pola herringbone yang tepat dengan menyesuaikan dengan tema warna rumah, dapat mengoptimalkan kesan ini.


Baca Juga : Cara Memperbaiki Karpet Yang Terkena Setrika!

4. Pola Mozaik

Mozaik bisa pola lantai yang eksotis kalau dibandingkan dengan macam-macam pola lantai yang lain. Eksotik karena cocok dipakai untuk menghidupkan suasana di dalam rumah. Pola lantai mozaik biasanya tersedia dalam ukuran potong yang relatif kecil dengan ukuran pola lantai pada umumnya. Pemasangannya juga butuh tenaga ahli agar lebih menghemat waktu.


Pola mozaik ini termasuk pola yang menantang dengan pilihan warna yang kontras dan berani untuk dipadu-padankan pada lantai rumah. Tidak perlu khawatir untuk memilih warna-warna unik sebagai kelompok warna pola mozaik, karena hasilnya justru memberikan estetika tersendiri. Itu sebabnya pola mozaik ini eksotik.

5. Pola Warna Monokrom

Selain macam-macam pola lantai dalam bentuk dan corak, memilih pola lantai dengan warna monokrom juga dapat menjadi pertimbangan yang layak dicoba.


Spektrum netral pada warna monokromatik ini memberikan kesan elegan sekaligus artistik secara bersamaan, serta dapat diaplikasikan pada rumah secara keseluruhan tidak hanya pada ruang-ruang tertentu. Karena sifatnya yang netral pola lantai dengan warna monokrom jauh lebih fleksibel dibanding pola lantai yang lain.

6. Pola Catur

Macam-macam pola lantai yang terakhir yang dapat dicoba untuk menjadikan rumah terlihat lebih menarik adalah pola catur. Pola lantai yang terakhir ini memang yang paling klasik di antara pola-pola di atas. Tidak hanya klasik, prinsip penerapan warna kontras pada pola ini juga memberikan sentuhan artistik yang tidak berlebihan dan cocok untuk dipakai sebagai pola lantai di rumah.


Meski terlihat simpel, menggunakan pola catur tetap memerlukan pertimbangan. Anda perlu mempertimbangkan ukuran ruangan yang akan memakai pola lantai ini sebelum menentukan ukuran pola lantai yang akan dipasangkan kemudian.

Setelah mengetahui macam-macam pola lantai yang telah direkomendasikan di atas untuk rumah Anda, yang juga penting untuk diperhatikan serta dilakukan adalah memastikan Anda memiliki tema umum yang akan diterapkan untuk interior rumah Anda. Ini akan memudahkan Anda saat harus memilih pola lantai serta furnitur untuk melengkapi penampilan rumah. Tidak hanya itu, Anda juga jadi lebih mudah mengatur anggaran untuk belanja material lantai serta menyewa tenaga untuk memasangnya. Semoga bermanfaat!

14 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua