4 Cairan Pembersih Karpet yang Bisa Dibuat Sendiri di Rumah

Turkeykarpet.com - Membersihkan karpet secara rutin memberikan banyak manfaat seperti mencegah penumpukan debu dan kotoran, menjaga kualitas serat karpet tetap empuk dan terasa nyaman, serta membuat tampilan karpet selalu terlihat baru.


Ada beragam produk pembersih yang dijual di pasaran untuk membersihkan karpet. Namun, Anda juga bisa membuat pembersih karpet sendiri di rumah guna menghemat pengeluaran.


Akan tetapi, sebelum mulai mencobanya, sebaiknya lakukan tes pada area karpet yang tersembunyi untuk melihat apakah cairan pembersih tersebut cocok untuk material karpet atau tidak.


Dikutip dari Tips Bulletin, Kamis (21/4/2022), berikut ini empat cairan pembersih karpet yang bisa dibuat sendiri di rumah.


Cairan Pembersih Karpet

Pembersih untuk karpet sintetik Lihat Foto Ilustrasi membersihkan karpet Untuk karpet sintetik, perawatannya cukup mudah. Cairan untuk membersihkannya hanya terbuat dari cuka putih dan air dengan perbandingan sama, yakni 2,2 liter.


Campurkan dua cairan tersebut ke dalam wadah besar dan aduk hingga merata. Kemudian, masukkan larutan ke mesin pembersih karpet dan gunakan mesin sesuai dengan petunjuk pemakaian.


Perlu dicatat, jangan membiarkan karpet terlalu basah karena dapat merusak bagian belakangnya dan menyebabkannya menyusut.


Pembersih untuk karpet berwarna terang


Cairan pembersih karpet berwarna terang terdiri atas empat sendok makan hidrogen peroksida tiga persen, satu sendok makan sabun cuci piring, 1419 mililiter air panas, dan lima tetes minyak esensial dengan aroma kesukaan kamu.


Hidrogen peroksida memberikan daya angkat ekstra untuk mengangkat noda karpet yang membandel.


Caranya, campurkan bahan-bahan yang telah disiapkan ke dalam mangkuk, aduk hingga rata, dan masukkan ke mesin pembersih karpet. Resep cairan pembersih ini jangan digunakan pada karpet berwarna gelap karena dapat mengangkat warna dan meninggalkan noda putih pada karpet.


Baca Juga : Peralatan Mencuci karpet yang digunakan Oleh HJClean


Pembersih Karpet Instan


Cairan Pembersih Karpet

Jika tidak memiliki banyak waktu untuk membersihkan karpet dengan mesin pembersih karpet, buat cairan pembersih karpet instan yang dimasukkan ke botol semprotan.


Caranya, mencampur secangkir cuka putih suling, dua cangkir air hangat, dua sendok teh garam meja, dan 15 tetes minyak esensial. Tuangkan semua bahan-bahan ke dalam botol semprotan, kocok hingga merata, dan semprot larutan ke permukaan karpet.



Diamkan selama beberapa menit hingga larutan mengering dan bekerja membersihkan karpet. Setelah itu, gunakan penyedot debu untuk membersihkan residunya.


Pembersih noda dan bau pada karpet


Untuk menghilangkan noda dan bau pada karpet, gunakan tujuh sendok makan gula cokelat, satu setengah cangkir kulit lemon dan jeruk, satu liter air, dan wada bening atau botol besar.


Namun, resep ini membutuhkan waktu yang cukup lama untuk bisa digunakan, yakni selama tiga bulan. Jika yakin ingin menggunakan resep ini, tuangkan semua bahan-bahan ke dalam wadah. Kemudian, tutup wadahnya dengan rapat saat mengocok campuran dan lakukan hingga campuran benar-benar merata.


Selanjutnya, longgarkan tutupnya dan biarkan setengah terbuka untuk memungkinkan gas yang menumpuk dilepaskan agar wadah tidak meledak. Kemudian, diamkan selama tiga bulan sebelum memasukkan ke botol semprot. Semprotkan larutan ke area noda pda karpet, tepuk area dengan lembut menggunakan kain bersih, diamkan hingga mengering, lalu vakum karpet.



26 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua